Senin, 04 November 2013

Proposal Usaha "Kimchi Badai"

hallo, dalam kesempatan kali ini saya mau share Proposal Usaha "Kimchi Badai" saya yang agak absurd,wk tapi semoga berguna bagi kalian yang sedang ada tugas KWH buat bikin Proposal Usaha dan males buat nyusun nih saya kasih referensi nya, semoga bermanfaat, enjoy :-)


Proposal Usaha
“Kimchi Badai”



Disusun Oleh :
Ratnawati
XII Pemasaran II
SMKN 25 Jakarta
2013/2014



DAFTAR ISI
DAFTAR ISI....................................................................................................................
BAB I. LATAR BELAKANG USAHA
A       LATAR BELAKANG......................................................................................................
B       VISI ..........................................................................................................................
C       MISI...........................................................................................................................
D       ASPEK MANAJEMEN...................................................................................................
E        ASPEK PEMASARAN.....................................................................................................
F        KONSEP PEMASARAN...................................................................................................
G       ASPEK OPERASIONAL...................................................................................................

BAB II. ANALSIS SWOT
H.     ANALISIS SWOT................................................................................................

BAB III. PEMBUATAN PRODUK
I.      PEMBUATAN PRODUK...............................................................................................

BAB IV. ASPEK KEUANGAN.................................................................................
J.       ASPEK KEUANGAN.................................................................................




A.    LATAR BELAKANG
“Kimchi!! Mani juseyo yeorobeun^^!” kalimat tersebut sudah pasti sering di ucapkan apabila kita sering menonton Drama Korea atau Acara Realiti Korea yang menayangkan tentang keragaman kuliner khas Negeri Ginseng tersebut. Untuk para KPOPERS (sebutan untuk penggemar Korean Pop) sebagian besar sudah pernah mencoba Kimchi, tetapi ada juga sebagian yang belum pernah mencobanya. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami terfikir untuk mebuka usaha yang masih baru ini. Tak inginkah anda untuk mencoba sensasi Kimchi yang berbeda dan menggoyah lidah anda??
Seiring dengan perkembangan zaman, KPOPERS Indonesia semakin besar dan bertambah jumlahnya. Dan dari hal tersbeut kami melihat peluang usaha yang besar bagi usaha kami supaya bisa berkembang. Lalu, satu hal yang saya tahu bahwa bagi seorang KPOPERS mencicipi makanan tradisional khas korea merupakan suatu kewajiban yang mutlak yang harus dilakukan para KPOPERS. Di Korea sendiri Kimchi merupakan Banchan (makanan pendamping) yang selalu ada di atas meja makan keluarga Korea dan disediakan untuk menemani menu utama.
Mengenai bahan baku yang digunakan, Kimchi bahan dasarnya adalah sayuran seperti lobak, daun bawang,  timun, dan yang paling terkenal sawi putih. Dengan pengolahanya yang dikombinasikan dengan bumbu bumbu khas Korea yang pas Kimchi ini dapat menajdi panganan yang lezat, sehingga produk ini pun cocok untuk segala usia mulai dari anak anak hingga orang dewasa.
Harapan kami terhadap usaha Kimchi badai ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sehingga tujuan kami mendirikan usaha ini dapat memenuhi prediksi keuntungan kami, serta merekatkan hubungan antar KPOPERS satu dengan lainya, dan menyadarkan masyarakat untuk kembali mengonsumsi panganan yang bergizi.
B.     VISI
Dengan niat yang baik kami ingin memperkenalkan kimchi  kepada masyarakat dengan cita rasa khas Nusantara tanpa melunturi keaslian rasa pada kimchi tersebut.
C.    MISI
1.      Menciptakan kimchi yang lezat, bergizi, dan sesuai dengan aslinya.
2.      Memuaskan konsumen.
3.      Mengutamakan kualitas diatas kuantitas.
4.      Terus menciptakan inovasi dari segala aspek untuk kimchi.
5.      Membuat konsumen merasa bahagia dengan pelayanan yang penuh dengan suka cita.
D.    ASPEK MANAJEMEN
Pembagian tugas dilakukan berdasrkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing dari kami. Seperti pada bagian produksi, distribusi, hingga pemasaran dan promosi. Usaha kami ini didirikan atas inisiatif 5 orang. Maka dari itu 2 orang ditugaskan sebagat koki, sedangkan sisanya masuk ke bagian distribusi, pemasaran, dan promosi. Karena usaha kami ini masih dalam skala kecil maka kami pun masih menerapkan pengelolaan bisnis yang sederhana.
E.     ASPEK PEMASARAN
Segmentasi
Tujuan dari segmentasi pasar yaitu untuk merancang  bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen pada usaha kami.
·         Berdasarkan Demografis, kami memposisikan Kimchi Badai ini pada KPOPERS, remaja, karyawan kantor yang mencari makan siang, sampai lansia.
·         Berdasarkan Psikografis, orang yang ingin menyalurkan wisata kuliner khas Korea dengan mencicipi Kiimchi Badai.
Target Pasar
Semua kalangan konsumen seperti, konsumen pria dan wanita, konsumen family, maupun konsumen individu, dari yang berpenghasilan kecil sampai besar.
Positioning
Dari produk yang dijual Kimchi Badai memberikan cita rasa makanan Korea yang pas dilidah orang Indonesia tanpa mengurangi keaslian rasanya serta produk kami dijamin bergizi dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.
F.     KONSEP PEMASARAN
a.       Product
Kimchi Badai adalah nama dari usaha yang kami dirikan. Dengan menambah kata “Badai” pada nama akhir produk kami merupakan salah satu trik kami untuk menciptakan kesan yang menarik di mata konsumen. Produk yang kami jual pun merupakan makanan pelengkap yang bisa dihidangi bersama dengan tambahan nasi putih, yang bisa dimakan saat sarapan, makan siang ataupun makan malam. Kimchi sendiri adalah suatu makanan yang biasanya merupakan sayuran yang rendah kalori dengan kadar serat yang tinggi (misalnya bawang, kacang panjang, selada, dan lain-lain) yang dimasak sedemikian rupa dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang unik dan biasanya pedas.  Kimchi adalah banchan yang paling terkenal dan wajib ada. Kimchi ada berbagai macam, di antaranya ggakdugi (kimchi lobak), pakimchi (kimchi daun bawang), oisobakki (kimchi timun), dan baek kimchi (kimchi sawi putih). Rasa kecut pada kimchi dipengaruhi dengan lama fermentasi. Semakin lama kimchi difermentassikan, rasanya akan semakin kecut. Saat membuat kimchi terkadang juga ada yang mencampurkan cummi, tiram, atau seafood lainya untuk menambah cita rasa. Kimchi juga terkenal dengan khasiatnya yang menyehatkan, karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral.
Sekilas rasa kimchi yang asam, asin, dan pedas mirip dengan asinan sayur Bogor. Bedanya, di tempat aslinya, kimchi bisa begitu asam, begitu pedas, sekaligus asin. Paduan rasa yang luar biasa untuk dilupakan begitu saja. Lantaran sudah begitu kondangnya, kimchi kini mudah di temui di seluruh Korea karena dikemas sebagai makanan siap santap.
Dimana kami juga melengkapi semua jenis kimchi  + nasi + banchan lainya.
b.      Price
Sesuai dengan target pasar yang dituju, biaya produksi, dan lain lain maka kami pun dengan mantap menetapkan harga yang terjangkau dan wajar serta sesuai dengan porsi yang diberikan.
c.       Place
Kami akan memilih lokasi usaha yang strategis dan terdapat pada arus utama untuk tempat berkumpul para karyawan kantor dan anak anak muda.  
d.      Promosi
Kegiatan yang kami lakukan untuk memperkenalkan kimchi badai kepada masyrakat dengan melakukan :
-          Promosi usaha kimchi badai kami di jejaring sosial terkenal seperti Twitter, Line, Whats App, BBM, dll.
-          Ikut dan aktif dalam kegiatan gathering fansclub Idola Korea guna mendapatkan ruang yang cukup untuk publisitas.
-          Ikut hadir dalam konser-konser Idola Korea yang ada di Jakarta.

G.    ASPEK OPERASIONAL
Pola usaha yang dikembangkan adalah pola produksi berkelanjutan sehingga setiap hari selalu memproduksi kimchi tanpa terpengaruh musim dan waktu. Proses produksi sederhana yang memanfaatkan proses fermentasi guna menciptakan rasa khas asam dan kecut dari kimchi. Pengawasan kualitas dilakukan untuk bahan baku, pengawasan proses dan pengawasan produk jadi. Untuk bahan baku kimchi yang dibuat dengan ukuran kualitas harus segar dan tidak busuk. Untuk pengawasan kualitas proses dilakukan dengan melihat warna dari masing-masing jenis kimchi, dan merasakan tingkat keasamanya.



H.    ANALISIS S.W.O.T.

STRENGTH
Kekuatan terhadap produk “KIMCHI BADAI” kami adalah rasa nya yang lezat dan diberi inovasi rasa khas Nusantara tanpa menanggalkan rasa asli dari kimchi yang ada di Korea sendiri.
Pelayanan terhadap konsumen yang lebih ramah
Sayuran yang digunakan adalah sayuran Korea organik
Kimchi ini awet dan tahan lama walau tanpa bahan pengawet karena proses produksi nya yang difermentasikan.
Harga yang terjangkau bagi semua kalangan
Menyediakan banyak kombinasi menu favorit
Kimchi selalu FRESH. Karena ada pembuatan kimchi setiap hari
Proses pembuatanya yang bersih dan higienis
Makanan yang lezat dan menyehatkan karena banyak mengandung vitamin dan mineral
WEAKNESS
Kelemahan dari produk ini adalah mahalnya bahan pelengkap kimchi karena harus diimpor langsung dari Korea
Kurangnya wawasan mengenai kimchi
Tidak menyediakan layanan pesan antar
Tenaga pemasak yang masih amatir
OPPURTUNITY
Dengan situasi sekarang ini peminat dan penggemar Korea itu sedang banyak banhyaknya dan faktanya, 8 dari 10 penggemar Korea belum pernah mencoba makanan Korea. Jadi kesempatan buat menawarkan korean food ke teman teman sekalian itu besar. Selain itu bisa di lihat kalau menjual baju atau tas, kita akan menemui banyak saingan dan keuntungan yang didapatkan sedikit. Sedangkan kalau usaha Korean food saingan nya masih sedikit jadi kami tidak gentar untuk berkompetisi. Selain itu tidak seperti berjualan kpop stuff, Korean food menjangkau semua fandom dan semua kalangan.
THREATS
Ancaman yang berasal dari luar produk saya adalah pesaing yang meniru usaha kami ini serta turunya minat konseumen dan makin ketatnya persaingan yang ada di dunia usaha bidang kuliner.










I.       PEMBUATAN PRODUK
Bahan-Bahan :
1 buah sawi putih
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
1/4 btg lobak putih, iris tipis
4 btg daun bawang.
2 sdm bawang putih, parut
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan Korea
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.



J.      ASPEK KEUANGAN

Bahan baku
v  Sawi putih                                         = Rp. 10.000
v  Bawang bombay                               = Rp. 5000
v  Wortel                                               = Rp. 8000
v  Lobak                                                = Rp. 10000
v  Daun bawang                                                = Rp. 3000
v  Bawang putih                                                = Rp. 5000
v  Jahe                                                   = Rp. 5000
v  Bubuk cabe                                       = Rp. 5000
v  Garam                                               = Rp. 1000
v  Gula ½ kg                                          = Rp. 6000
v  Air                                                     = Milik Sendiri
v  Saus ikan Korea                                = Rp. 20.000
v  Tepung ½ kg                                      = Rp. 4000 +
                                                                                                          Rp. 84.000
Biaya lain-lain
v  Plastik mika                                         = Rp. 10.000
v  Gas 1 Kg                                              = Rp. 16.000
v  Transportasi                                         = Rp. 10.000 +
                                                                                                          Rp. 36.000 +
                                                                                                          Rp. 130.000
Harga Pokok Produksi
Rp. 130.000     = Rp. 3250
         40
Perhitungan Harga Jual =  HPP + Laba
                                    = Rp. 3.250 + 30 %
                                    = Rp. 3.250 + Rp. 975
                                    = Rp. 4225 => Rp. 4.500 (dibulatkan)



ANALISIS KEUNTUNGAN
Laporan Rugi Laba
Penghasilan : 40 Buah x Rp. 4.500 = Rp. 180.000
                      Biaya bahan baku               = Rp. 36.000 -
                                                            Rp. 144.000
Presentase Keuntungan
Rentabilitas      = Rp. 36.000   x 100 %    = 25 %
                             Rp. 144.000
Profitabilitas    = Rp. 36.000   x 100 %    = 20 %
                             Rp. 180.000
Rentabilitas > Profitabilitas. Berarti kami mendapatkan keuntungan.

Perhitungan BEP
Rp. 144.000   = 32
Rp. 4.500
Artinya, jika kami sudah menjual 32 buah maka kami sudah mendapatkan keuntungan.

Prediksi Keuntungan
Jumlah Keuntungan Perminggu : 7 x Rp. 180.000       = Rp. 1.260.000
Jumlah Keuntungan Perbulan  : 30 x Rp. 180.000       = Rp. 4.500.000


boleh copast asal jangan langsung main di copast. lebih baik kalian edit aja lagi biar tambah bagus :)

15 komentar:

  1. izin mencontoh chingu untuk tugas pengantar bisnis saya :) kamsahamnida~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^

      Hapus
  2. izin copast chingu... buat tugas sekolah
    sebelum dan sesudahnya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^

      Hapus
  3. Balasan
    1. Silakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^

      Hapus
  4. izin copast chingu.... gomawoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^

      Hapus
  5. izin copas yah ,sesama kpoper, heheh

    BalasHapus
  6. Izin copas ya eonni, untuk tugas sekolah sekalian jadi refeshing

    BalasHapus
  7. Izin copas yaah,untuk tugas sekolah gomawooo :")

    BalasHapus
  8. Kesimpulan nya ada tidak ya hyung,gomawo

    BalasHapus
  9. izin copast dan terima kasih banyak111 <33

    BalasHapus
  10. Laba yang didapat penjual kira kira berapa yaa??

    BalasHapus