hallo, dalam kesempatan kali ini saya mau share Proposal Usaha "Kimchi Badai" saya yang agak absurd,wk tapi semoga berguna bagi kalian yang sedang ada tugas KWH buat bikin Proposal Usaha dan males buat nyusun nih saya kasih referensi nya, semoga bermanfaat, enjoy :-)
Proposal Usaha
“Kimchi Badai”
Disusun
Oleh :
Ratnawati
XII
Pemasaran II
SMKN
25 Jakarta
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI....................................................................................................................
BAB I. LATAR BELAKANG USAHA
A
LATAR
BELAKANG......................................................................................................
B
VISI
..........................................................................................................................
C
MISI...........................................................................................................................
D
ASPEK
MANAJEMEN...................................................................................................
E
ASPEK
PEMASARAN.....................................................................................................
F
KONSEP
PEMASARAN...................................................................................................
G
ASPEK
OPERASIONAL...................................................................................................
BAB II. ANALSIS SWOT
H.
ANALISIS
SWOT................................................................................................
BAB III. PEMBUATAN PRODUK
I.
PEMBUATAN
PRODUK...............................................................................................
BAB
IV. ASPEK KEUANGAN.................................................................................
J.
ASPEK
KEUANGAN.................................................................................
A. LATAR BELAKANG
“Kimchi!!
Mani juseyo yeorobeun^^!” kalimat tersebut sudah pasti sering
di ucapkan apabila kita sering menonton Drama Korea atau Acara Realiti Korea
yang menayangkan tentang keragaman kuliner khas Negeri Ginseng tersebut. Untuk
para KPOPERS (sebutan untuk
penggemar Korean Pop) sebagian besar sudah pernah mencoba Kimchi, tetapi ada
juga sebagian yang belum pernah mencobanya. Maka dari itu dalam kesempatan kali
ini kami terfikir untuk mebuka usaha yang masih baru ini. Tak inginkah anda
untuk mencoba sensasi Kimchi yang berbeda dan menggoyah lidah anda??
Seiring dengan
perkembangan zaman, KPOPERS Indonesia semakin besar dan bertambah jumlahnya.
Dan dari hal tersbeut kami melihat peluang usaha yang besar bagi usaha kami
supaya bisa berkembang. Lalu, satu hal yang saya tahu bahwa bagi seorang
KPOPERS mencicipi makanan tradisional khas korea merupakan suatu kewajiban yang
mutlak yang harus dilakukan para KPOPERS. Di Korea sendiri Kimchi merupakan Banchan (makanan pendamping) yang
selalu ada di atas meja makan keluarga Korea dan disediakan untuk menemani menu
utama.
Mengenai bahan baku
yang digunakan, Kimchi bahan dasarnya
adalah sayuran seperti lobak, daun bawang,
timun, dan yang paling terkenal sawi putih. Dengan pengolahanya yang
dikombinasikan dengan bumbu bumbu khas Korea yang pas Kimchi ini dapat menajdi
panganan yang lezat, sehingga produk ini pun cocok untuk segala usia mulai dari
anak anak hingga orang dewasa.
Harapan kami terhadap
usaha Kimchi badai ini mendapatkan
respon yang baik dari masyarakat sehingga tujuan kami mendirikan usaha ini
dapat memenuhi prediksi keuntungan kami, serta merekatkan hubungan antar
KPOPERS satu dengan lainya, dan menyadarkan masyarakat untuk kembali
mengonsumsi panganan yang bergizi.
B. VISI
Dengan niat yang baik
kami ingin memperkenalkan kimchi kepada masyarakat dengan cita rasa khas
Nusantara tanpa melunturi keaslian rasa pada kimchi tersebut.
C. MISI
1.
Menciptakan kimchi yang lezat, bergizi, dan sesuai dengan aslinya.
2.
Memuaskan konsumen.
3.
Mengutamakan kualitas diatas kuantitas.
4.
Terus menciptakan inovasi dari segala
aspek untuk kimchi.
5.
Membuat konsumen merasa bahagia dengan
pelayanan yang penuh dengan suka cita.
D. ASPEK MANAJEMEN
Pembagian tugas
dilakukan berdasrkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing dari kami.
Seperti pada bagian produksi, distribusi, hingga pemasaran dan promosi. Usaha
kami ini didirikan atas inisiatif 5 orang. Maka dari itu 2 orang ditugaskan
sebagat koki, sedangkan sisanya masuk ke bagian distribusi, pemasaran, dan
promosi. Karena usaha kami ini masih dalam skala kecil maka kami pun masih
menerapkan pengelolaan bisnis yang sederhana.
E. ASPEK PEMASARAN
Segmentasi
Tujuan dari segmentasi
pasar yaitu untuk merancang bauran
pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen pada usaha
kami.
·
Berdasarkan Demografis, kami
memposisikan Kimchi Badai ini pada KPOPERS, remaja, karyawan kantor yang
mencari makan siang, sampai lansia.
·
Berdasarkan Psikografis, orang yang
ingin menyalurkan wisata kuliner khas Korea dengan mencicipi Kiimchi Badai.
Target Pasar
Semua kalangan konsumen
seperti, konsumen pria dan wanita, konsumen family, maupun konsumen individu,
dari yang berpenghasilan kecil sampai besar.
Positioning
Dari produk yang dijual
Kimchi Badai memberikan cita rasa makanan Korea yang pas dilidah orang
Indonesia tanpa mengurangi keaslian rasanya serta produk kami dijamin bergizi
dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.
F. KONSEP PEMASARAN
a.
Product
Kimchi Badai
adalah nama dari usaha yang kami dirikan. Dengan menambah kata “Badai” pada
nama akhir produk kami merupakan salah satu trik kami untuk menciptakan kesan
yang menarik di mata konsumen. Produk yang kami jual pun merupakan makanan
pelengkap yang bisa dihidangi bersama dengan tambahan nasi putih, yang bisa
dimakan saat sarapan, makan siang ataupun makan malam. Kimchi sendiri adalah
suatu makanan yang biasanya merupakan sayuran yang rendah kalori dengan kadar
serat yang tinggi (misalnya bawang, kacang panjang, selada, dan lain-lain) yang
dimasak sedemikian rupa dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga menghasilkan
rasa yang unik dan biasanya pedas. Kimchi adalah banchan yang paling terkenal dan wajib ada. Kimchi ada berbagai macam, di antaranya ggakdugi (kimchi lobak), pakimchi (kimchi daun bawang), oisobakki
(kimchi timun), dan baek kimchi (kimchi sawi putih). Rasa kecut pada kimchi dipengaruhi dengan lama fermentasi. Semakin lama kimchi difermentassikan, rasanya akan
semakin kecut. Saat membuat kimchi terkadang
juga ada yang mencampurkan cummi, tiram, atau seafood lainya untuk menambah
cita rasa. Kimchi juga terkenal
dengan khasiatnya yang menyehatkan, karena kaya akan kandungan vitamin dan
mineral.
Sekilas
rasa kimchi yang asam, asin, dan
pedas mirip dengan asinan sayur Bogor. Bedanya, di tempat aslinya, kimchi bisa begitu asam, begitu pedas,
sekaligus asin. Paduan rasa yang luar biasa untuk dilupakan begitu saja.
Lantaran sudah begitu kondangnya, kimchi
kini mudah di temui di seluruh Korea karena dikemas sebagai makanan siap
santap.
Dimana
kami juga melengkapi semua jenis kimchi + nasi + banchan
lainya.
b.
Price
Sesuai
dengan target pasar yang dituju, biaya produksi, dan lain lain maka kami pun
dengan mantap menetapkan harga yang terjangkau dan wajar serta sesuai dengan
porsi yang diberikan.
c.
Place
Kami
akan memilih lokasi usaha yang strategis dan terdapat pada arus utama untuk
tempat berkumpul para karyawan kantor dan anak anak muda.
d.
Promosi
Kegiatan
yang kami lakukan untuk memperkenalkan kimchi
badai kepada masyrakat dengan melakukan :
-
Promosi usaha kimchi badai kami di jejaring sosial terkenal seperti Twitter,
Line, Whats App, BBM, dll.
-
Ikut dan aktif dalam kegiatan gathering fansclub Idola Korea guna
mendapatkan ruang yang cukup untuk publisitas.
-
Ikut hadir dalam konser-konser Idola
Korea yang ada di Jakarta.
G. ASPEK OPERASIONAL
Pola usaha yang
dikembangkan adalah pola produksi berkelanjutan sehingga setiap hari selalu
memproduksi kimchi tanpa terpengaruh
musim dan waktu. Proses produksi sederhana yang memanfaatkan proses fermentasi
guna menciptakan rasa khas asam dan kecut dari kimchi. Pengawasan kualitas dilakukan untuk bahan baku, pengawasan
proses dan pengawasan produk jadi. Untuk bahan baku kimchi yang dibuat dengan ukuran kualitas harus segar dan tidak
busuk. Untuk pengawasan kualitas proses dilakukan dengan melihat warna dari
masing-masing jenis kimchi, dan
merasakan tingkat keasamanya.
H.
ANALISIS
S.W.O.T.
STRENGTH
|
Kekuatan terhadap produk “KIMCHI BADAI” kami adalah rasa nya
yang lezat dan diberi inovasi rasa khas Nusantara tanpa menanggalkan rasa
asli dari kimchi yang ada di Korea
sendiri.
Pelayanan terhadap konsumen yang lebih
ramah
Sayuran yang digunakan adalah sayuran
Korea organik
Kimchi ini awet dan
tahan lama walau tanpa bahan pengawet karena proses produksi nya yang
difermentasikan.
Harga yang terjangkau bagi semua
kalangan
Menyediakan banyak kombinasi menu
favorit
Kimchi selalu FRESH.
Karena ada pembuatan kimchi setiap
hari
Proses pembuatanya yang bersih dan
higienis
Makanan yang lezat dan menyehatkan
karena banyak mengandung vitamin dan mineral
|
WEAKNESS
|
Kelemahan dari produk ini adalah
mahalnya bahan pelengkap kimchi karena
harus diimpor langsung dari Korea
Kurangnya wawasan mengenai kimchi
Tidak menyediakan layanan pesan antar
Tenaga pemasak yang masih amatir
|
OPPURTUNITY
|
Dengan situasi sekarang ini peminat
dan penggemar Korea itu sedang banyak banhyaknya dan faktanya, 8 dari 10
penggemar Korea belum pernah mencoba makanan Korea. Jadi kesempatan buat
menawarkan korean food ke teman teman sekalian itu besar. Selain itu bisa di
lihat kalau menjual baju atau tas, kita akan menemui banyak saingan dan
keuntungan yang didapatkan sedikit. Sedangkan kalau usaha Korean food saingan
nya masih sedikit jadi kami tidak gentar untuk berkompetisi. Selain itu tidak
seperti berjualan kpop stuff, Korean food menjangkau semua fandom dan semua
kalangan.
|
THREATS
|
Ancaman yang berasal dari luar produk
saya adalah pesaing yang meniru usaha kami ini serta turunya minat konseumen
dan makin ketatnya persaingan yang ada di dunia usaha bidang kuliner.
|
I.
PEMBUATAN
PRODUK
Bahan-Bahan :
1
buah sawi putih
1/2
buah bawang bombay, iris tipis
1/4
btg wortel, iris tipis memanjang
1/4
btg lobak putih, iris tipis
4
btg daun bawang.
2
sdm bawang putih, parut
1
sdt jahe, parut
1/2
gelas bubuk cabe Korea
2
sdt garam
1
sdm gula
1/2
gelas garam kasar/garam laut
1
gelas air cup water
1/4
gelas saus ikan Korea
1/3
gelas air
1
sdm tepung
Cara
Mengolah :
1.
Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang
menjadi irisan kecil-kecil.
2.
Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam
campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3.
Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh
rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4.
Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula,
saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua
sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5.
Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar
sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6.
Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam
kulkas selama 2-3 hari.
7.
Hidangkan dengan nasi.
J.
ASPEK
KEUANGAN
Bahan baku
v Sawi
putih =
Rp. 10.000
v Bawang
bombay = Rp. 5000
v Wortel = Rp. 8000
v Lobak = Rp.
10000
v Daun
bawang =
Rp. 3000
v Bawang
putih =
Rp. 5000
v Jahe =
Rp. 5000
v Bubuk
cabe =
Rp. 5000
v Garam =
Rp. 1000
v Gula
½ kg =
Rp. 6000
v Air =
Milik Sendiri
v Saus
ikan Korea =
Rp. 20.000
v Tepung
½ kg =
Rp. 4000 +
Rp. 84.000
Biaya lain-lain
v Plastik
mika =
Rp. 10.000
v Gas
1 Kg =
Rp. 16.000
v Transportasi = Rp.
10.000 +
Rp. 36.000 +
Rp. 130.000
Harga Pokok Produksi
Rp. 130.000 = Rp. 3250
40
Perhitungan Harga Jual = HPP + Laba
=
Rp. 3.250 + 30 %
=
Rp. 3.250 + Rp. 975
=
Rp. 4225 => Rp. 4.500 (dibulatkan)
ANALISIS
KEUNTUNGAN
Laporan
Rugi Laba
Penghasilan : 40 Buah x Rp. 4.500 = Rp.
180.000
Biaya bahan baku = Rp. 36.000
-
Rp. 144.000
Presentase
Keuntungan
Rentabilitas = Rp. 36.000 x 100 %
= 25 %
Rp. 144.000
Profitabilitas = Rp. 36.000 x 100 %
= 20 %
Rp. 180.000
Rentabilitas > Profitabilitas.
Berarti kami mendapatkan keuntungan.
Perhitungan
BEP
Rp. 144.000 = 32
Rp. 4.500
Artinya, jika kami sudah menjual 32 buah
maka kami sudah mendapatkan keuntungan.
Prediksi
Keuntungan
Jumlah Keuntungan Perminggu : 7 x Rp.
180.000 = Rp. 1.260.000
Jumlah Keuntungan Perbulan : 30 x Rp. 180.000 = Rp. 4.500.000
boleh copast asal jangan langsung main di copast. lebih baik kalian edit aja lagi biar tambah bagus :)
izin mencontoh chingu untuk tugas pengantar bisnis saya :) kamsahamnida~
BalasHapusSilakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^
Hapusizin copast chingu... buat tugas sekolah
BalasHapussebelum dan sesudahnya terimakasih..
Silakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^
Hapusizin copast yaa, gomawo
BalasHapusSilakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^
Hapusizin copast chingu.... gomawoo
BalasHapusSilakan. Jangan lupa untuk dicantumkan sumber utama link-nya. Semoga bermanfaat^^
Hapusizin copas yah ,sesama kpoper, heheh
BalasHapusIzin copas ya eonni, untuk tugas sekolah sekalian jadi refeshing
BalasHapusIzin copas yaah,untuk tugas sekolah gomawooo :")
BalasHapusKesimpulan nya ada tidak ya hyung,gomawo
BalasHapusMian, noona
Hapusizin copast dan terima kasih banyak111 <33
BalasHapusLaba yang didapat penjual kira kira berapa yaa??
BalasHapus